Pengertian Pallet Fungsi dan Jenis dari Pallet

Dalam dunia warehasusing atau pergudangan kita mengenal dengan namanya palet atau dalam bahasa Inggris disebut Pallet. Pallet ini ternyata banyak sekali manfaat, dan jenisnya dalam kehidupan kita,terutama di dalam dunia pekerjaan. Maka dari itu mari kita ketahui sekilas mengenai apa itu pallet,jenisnya dan manfaatnya.

Pengertian dari Palet

Menurut Wikipedia Palet (bahasa Inggris: Pallet) adalah struktur datar yang dapat menahan beban dalam posisi stabil saat diangkat alat-alat seperti truk garpu, truk palet, dongkrak, atau derek jangkung. Barang-barang atau peti kemas sering ditempatkan di atas palet dan direkatkan dengan wrapping saat diangkut. Kebanyakan palet dibuat dari kayu, tetapi juga ada palet plastik, logam, kertas, dan bahan-bahan daur ulang, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan.

Sedangkan menurut umarapalet.blogspot.com
pengertiab dari palet adalah salah satu bagian dari warehousing. Pallet merupakan tempat untuk meletakkan barang-barang dengan tujuan memudahkan penyimpanan, perhitungan, dan transportasi.

Melihat dari pengertian di atas kita bisa melihat bahwa palet merupakan tempat untuk meletakan barang,biasanya barang tersebut ada yang bisa langsung di simpan di atas palet tersebut atau bisa juga menggunakan packing tambahan pada barang seperti karung, kardus dan plastik dan sejenisnya. 

Hal itu tujuannya supaya barang ketika di angkat dan ditarik misalnya menggunakan forklip dan handpallet tidak mudah jatuh.


Contoh diatas adalah palet kayu dan barang di dalam kardus. 

Jenis-jenis Palet Berdasarkan Bahan Material Pembuatan Palet


1.Pallet Kayu

Palet yang terbuat dari kayu menurut beberapa sumber paling sering digunakan di Indonesia. Hal ini bisa saja tepat karena di Indonesia mudah untuk menemukan material kayu. Bahan kayu yang di gunakan ternyata bukan kayu sembarangan melainkan dengan spek tertentu akan kuat dan juga tidak mudah dimakan rayap. Seperti kita ketahui kelemahan material kayu adalah kurang kuat karena pemilihan bahan,karena rayap dan juga lapuk karena air.

2.Pallet Plastik

Pallet plastik jika berdasarkan tingkat ke awetan jauh lebih awet dibandingkan dengan kayu,tapi bisa saja harga dari pallet plastik lebih mahal. Selain itu juga jika pallet ini rusak susah untuk di perbaikinnya melainkan harus diganti dengan yang baru. Di beberapa negara atau mungkin di Indonesia juga sudah ada penyedia jasa pallet yang mungkin bisa untuk menekan biaya perusahaan,jadi tidak harus membelinya.

3.Pallet Kardus

Ternyata ada juga pallet yang terbuat dari bahan kardus,meski ini tidak sekuat palet yang terbuat dari bahan kayu dan plastik masih ada yang memakainnya di perusahaan sekarang ini. Palet kardus ini menurut beberapa situs di internet banyak digunakan di negara jepang dan keunggulan menggunakan palet ini adalah bisa di daur ulang. meski nilai kekurangannya palet bahan ini adalah beba yang bisa dimuat terbatas sampai 100kg.

4.Pallet dari Bahan Metal

Pallet ini memang paling kuat diantara yang lainnya,kekeurangan menggunakan jenis pallet ini adalah harga lebih mahal dan juga bisa berkarat jika bahan mudah berkarat.

Jenis pallet berdasarkan drive direction

jika bedasarkan arah pengendara atau pengguna dari palet ternyata ada dua yitu 2way dan 4 way. 2 WAY artinya adalah si pengguna bisa mengambil pallet menggunakan  forklip atau handpallet dari dua arah saja. bisa dari bagian depan dan juga belakang.Sementara 4 way pengguna bisa mengambil atau menggunakan pallet dengan forklip dari ke 4 sisi,depan belakang,sisi kiri dan kanan.



















Comments

Popular posts from this blog

Apa itu Hand Pallet dan Kegunaannya?

Jenis-Jenis Hand Pallet yang Perlu Kita Ketahui