Apa itu Hand Pallet dan Kegunaannya?

Manusia yang merupakan salah satu makhluk ciptaan tuhan  yang terus melakukan perbaikan untuk kemudahan  dalam kegiatan sehari-hari. Seperti melakukan pekerjaan rumah, membuat sesuatu dan dalam dunia pekerjaan. 

Jika kita membicarakan dunia pekerjaan kita mengenal istilah dalam bahasa Jepang yang cukup terkenal yaitu kaizen.

Apa itu kaizen?

Kaizen menurut Wikipedia merupakan istilah dalam bahasa Jepang yang bermakna "perbaikan berkesinambungan".

Filsafat kaizen berpandangan bahwa hidup kita hendaknya fokus pada upaya perbaikan terus-menerus. Pada penerapannya dalam perusahaan, kaizen mencakup pengertian perbaikan berkesinambungan yang melibatkan seluruh pekerjanya, dari manajemen tingkat atas sampai manajemen tingkat bawah.

Pada jaman dahuku petani membawa hasil panen dari ladang ke biasa di panggul atau atau masih manual tentu kurang efektif dalam segala hal. Mulai dari tenaga,waktu dan lainnya yang cukup merugikan jika dilihat secara finansial.

Maka manusia terus melakukan tindakan perbaikan mulai dilakaukan awal bisa menggunakan hewan peliharaan,lalu ditambah menggunakan gerobak supaya muatan lebih banyak dan terus hingga kini bisa menggunakan mobil truk dan sebagainya  seperti yang sering dilihat sekarang ini.

Begitu juga tempat kerja di pabrik dan pergudangan sudah jarang sekali menggunakan  tenaga manusia,kini mulai beralih menggunakan mesin bahkan lebih canggih lagi adalah sistem robot.

Ada satu hal yang ingin di bahas lebih dalam disini adalah tentang penggunaan hand pallet yang masih digunakan untuk saat ini baik itu di pabrik dan pergudangan. 

Mungkin sebagian dari Anda belum tahu apa itu hand pallet dan kegunaannya, berikut penjelasannya.

Pengertian Hand Pallet dan Kegunaannya

Hand pallet adalah alat angkut yang menggunakan sistem hidrolik untuk mengangkat beban. Fungsi hand pallet adalah untuk memindahkan barang dengan beban berat dengan mudah. Kapasitas hand pallet bisa dari 0,5 ton hingga 3 ton.

Cara menggunakan Hand Pallet

Cara menggunakannya cukup mudah,contoh hand pallet manual operator cukup memasukan bagian hand pallet seperti garpu,ke dalam lubang Pallet yang sudah ada di isi dengan barang.

Lalau tarik tuas ke atas dan kebawah, sampai varang terangkat sekitar 10- 20 cm dari lantai. Setelah itu tarik ke tempat yang di inginkan. 

Setelah sampai di tempat yang di inginkan makan cukup taris  tuas kecil di handle seperti rem sepeda. Maka barang yang dibawa akan turun sendiri dan selesai.

Hand pallet ini sangat membantu untuk operator di lapangan dalam hal membawa barang dengan beban berat.
Dengan begitu akan pengerjaan akan jauh lebih cepat dan mudah. 

Sekian dulu postingan tentang hand pallet selanjutnya adalah tentang penengertian danjenis-jenis hand Pallet.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Pallet Fungsi dan Jenis dari Pallet

Jenis-Jenis Hand Pallet yang Perlu Kita Ketahui